Membuat Bootable Windows 7 Menggunakan USB Flashdisk


Bagi Anda yang mempunyai netbook atau notebook yang tidak  memiliki CD/DVD drive tentu akan kesulitan ketika ingin melakukan instalasi sistem operasi. Karena kebanyakan master sistem operasi tersimpan dalam media CD/DVD. 

Tapi jangan khawatir, disini saya akan memberikan tutorial untuk membuat bootable menggunakan flashdisk atau sering disebut Bootable USB flash drive. Bootable adalah sebuah fasilitas yang ada pada setiap sistem operasi, dimana bootable dapat ditempatkan pada media penyimpanan berupa disk, flash disk, atau network. Dengan Bootable USB flash drive ini tentunya akan mempermudah dan mempercepat proses instalasi di netbook atau notebook

Sistem operasi yang akan digunakan disini adalam windows 7. Kenapa windows 7? Karena Windows 7 adalah salah satu sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) dari Microsoft yang sering digunakan oleh pengguna karena kemudahan fitur dan kompatibilitasnya.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat bootable pada media USB flash drive (flashdisk, memory stick dan yang lainnya) adalah Universal USB Installer. Universal USB Installer bersifat gratis dan portable. Universal USB Installer yang akan digunakan adalah Universal USB Installer versi 1.9.6.4.
 
Alat dan Bahan :
  1. Master bootable windows 7 bentuk .iso
  2. Aplikasi Universal USB Installer versi 1.9.6.4
  3. Flashdisk ukuran minimal 4 GB 

Untuk tutorial lebih lengkapnya bisa di download disini




atau silahkan tonton video tutorialnya





Nah, bagaimana sudah paham? artikel ini termasuk materi tambahan dalam mapel melakukan instalasi sistem operasi berbasis GUI dan CLI. Sebelum melakukan instalasi sistem operasi hal yang harus dipersiapkan adalah master OS nya. Yang sering kita jumpai master OS ini biasanya tersimpan di dalam CD/DVD. Selain itu, master OS juga bisa disimpan dalam flashdisk.Dalam artikel ini sudah dijelaskan bagaimana cara membuat bootable menggunakan USB Flasdisk.

Untuk menguji kemampuan kalian, silahkan kerjakan soal latihan berikut ini.


Share this article :
+
Previous
This is the oldest page
0 Komentar untuk "Membuat Bootable Windows 7 Menggunakan USB Flashdisk"